UPACARA PARADE SENJA KWARDA PROVINSI JAMBI TAHUN 2016
23 2016

Meskipun hujan lebat mengguyur di lapangan upacara Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/4), namun tak menyurutkan semangat sejumlah siswa/siswi serta seluruh peserta yang terlibat dalam upacara parade senja Kwarda Pramuka Jambi. 

Pelajar yang tergabung dalam para Siaga, Penggalang dan Penegak Pramuka Jambi ini tetap hikmat mengikuti upacara dan parade senja, tidak terkecuali BLHD Provinsi Jambi yang yang ikut serta dalam parade tersebut.

Dalam skenario simulasi kebakaran hutan, BLHD bertugas menghitung kualitasi udara yang tercemar akibat kebakaran lahan dan hutan pada saat itu serta memberi informasi dan himbauan terhadap Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) bahwasaannya ISPU pada saat itu dalam kategori  sangat tidak sehat sehingga diharapkan masyarakat memakai masker dan mengurangi aktifitas di luar rumah. 

RAPAT REGIONAL PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
19 2016

MODEL KELEMBAGAAN INSTANSI LINGKUNGAN HIDUP DI DAERAH

Rapat Regional PengelolaanLingkunganHidup Daerah

Wilayah Barat Indonesia

Batam 8 April 2016

Rapat regional  pengelolaanl ingkungan hidup daerah wilayah barat  Indonesia telah dilaksanakan di Batam pada tanggal 7 – 9 April 2016. Adapun didalam rapat tersebut di bahas mengenai rencana struktur organisasi kelembagaan Lingkungan Hidup di provinsi maupun di kabupaten / kota di wilayah bagian barat Indonesia. Tipololog istruktur didasarkan pada penilaian skooring dan pendekatan tipologi wilayah.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Model Kelembagaan Instansi Lingkungan Hidup di Daerah menurut Herman Hermawan, Kepala Pusat Kebijakan Strategis KLHK  tipologi kelembagaan LH daerah yang sesuai dengan karakteristik daerah didapatkan  4 (empat) karakteristik yakni :  karakteristik rawan bencana, karakteristik konservasi, karkateristik pesisir, karakteristik padat industry, dan karakteristik hybrid (merupakan gabungan dari 2 atau lebih karakteristik yang ada).

Pembentukkan kelembagaan berdasarkan karakteristik wilayah sangat tepat, karena akan menjawab kebutuhan daerah. Adapun bentuk kelembagaan tersebut digambarkan sebagai berikut :

Kelembagaan LH berdasarkan karakteristik daerah rawan bencana terdiri atas :

  • Kepala Dinas,
  • Jabatan Fungsional
  • Sekretariat yang menaungi subbag program, subbag keuangan, subbag umum dan kepegawaian
  • Bidang Tata Lingkungan meliputi : Seksi Instrumen Perencanaan Lingkungan , Seksi Amdal, Seksi Evaluasi
  • Bidang Pengendalian Lingkungan meliputi : Seksi perencanaan adaptasi , seksi pemantauan mitigasi, dan seksi evaluasi
  • Bidang Pemulihan Kerusakan Lingkungan : Seksi Pencegahan dan Pemantauan, Seksi Penanggulangan dan Pemulihan, seksi evaluasi
  • Bidang Penegakan Hukum dan Pemberdayaan masyarakat : Seksi Pengawasan, Seksi Penegakan Hukum, seksi Pemberdayaan masyarakat.

Kelembagaan LH berdasarkan karakteristik daerah Konservasi

  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup
  • Jabatan Fungsional
  • Sekretariat yang menaungi subbag program, subbag keuangan, subbag umum dan kepegawaian
  • Bidang Tata Lingkungan meliputi : Seksi Instrumen perencanaan lingkungan, seksi amdal , seksi evaluasi
  • Bidang pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Pengelolaan Kehati : Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Seksi Pengelolaan Kehati, Seksi Evaluasi
  • Bidang pengendalian Pencemaran : Seksi pencegahan , Seksi Pemulihan, Seksi Evaluasi
  • Bidang Penegakan Hukum dan Pemberdayaan Masyarakat : Seksi Pengawasan, Seksi Penegakan hukum, seksi Pemberdayaan Masyarakat.

Kelembagaan LH berdasarkan karakteristik daerah Rawan Pesisir

  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup
  • Jabatan Fungsional
  • Sekretariat yang menaungi subbag program, subbag keuangan, subbag umum danKepegawaian Bidang tata lingkungan meliputi : seksi instrumen perencanaan lingkungan , seksi amdal , seksi evaluas
  • Bidang Penanggulangan pencemaran dan kerusakan meliputi : seksi wilayah pesisir dan laut , seksi wilayah terestial, seksi evaluasi
  • Bidang pemilihan kualitas lingkungan pesisir dan laut meliputi : Seksi ekosistem Pesisir, Seksi ekosistem Laut , Seksi evaluasi
  • Bidang Penegakan Hukum dan Pemberdayaan Masyarakat meliputi ; Seksi Pengawasan , Seksi penegakan Hukum, Seksi Pemberdayaan Masyarakat.

Kelembagaan LH berdasarkan karakteristik daerah Padat Industri

  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup
  • Jabatan Fungsional
  • Sekretariat yang menaungi subbag program, subbag keuangan, subbag umum dan
  • Kepegawaian
  • Bidang tata lingkungan meliputi : seksi instrumen perencanaan lingkungan , seksi amdal , seksi evaluasi
  • Bidang Pengedalian Pencemaran Lingkungan : Seksi Pengendalian Pencemaran Udara, Seksi Pengendalian encemaran Air, seksi Evaluasi
  • Bidang Pengelolaan B3, Limbah B3 dan Sampah meliputi : Seksi Pengelolaan B3 dan Limbah B3 , Seksi Pengelolaan Sampah , Seksi Evaluasi
  • Bidang Penegakan Hukum dan Pemberdayaan Masyarakat meliputi ; Seksi Pengawasan , Seksi penegakan Hukum, Seksi Pemberdayaan Masyarakat.

Kelembagaan LH berdasarkan karakteristik daerah Hybrid (gabungan dari 2 atau lebih karakteristik)

  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup
  • Jabatan Fungsional
  • Sekretariat yang menaungi subbag program, subbag keuangan, subbag umum dan
  • Kepegawaian
  • Bidang – Bidang lain yang disesuaikan dengan Kombinasi Daerah tersebut. 

SOSIALISASI PENGENDALIAN KEBAKARAN LAHAN DAN HUTAN TAHUN 2016 BALAI DESA PUDAK, 03 MEI 2016
09 2016

Dalam sambutan Kepala Badan Lingkungan Hidup yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kabid Pengendalian Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Dr. Ardi, SP., M.Sidalam acara Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan Tahun 2016 di Balai Desa Pudak_03 Mei 2016 menyatakan, Berdasarkan data dari BPBD tahun 2015 bahwa seluas 2.664 Ha lahan terbakar di desa yang ada di kab. Muaro Jambi. Untuk menurunkan Jumlah Luasan Lahan yang terbakar ini sangat diperlukan niat dan tekad bersama dari semua lapisan masyarakat, pemerintah dari Tingkat desa sampai ke Pusat  untuk turut melaksanakan upaya Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan.

"Persoalan lingkungan hidup pada akhir-akhir ini sudah sangat mengkhawatirkan bahkan sudah masuk dalam tahap berbahaya, salah satunya Kebakaran Lahan dan Hutan akibat dari pembukaan Lahan untuk Pertanian dan Perkebunan dengan cara membakar. Dampak negatifnya telah kita rasakan pada tahun 2015 yang mana terganggunya proses belajar dan mengajar dari tingkat SD -SMA yang harus diliburkan dikarenakan tingginya Nilai ISPU pada Kategori Berbahaya, Turunnya Jarak Pandang Penerbangan yang mengakibatkan Tutupnya Bandara Sultan Thaha Jambi selama kurang lebih 2 bulan, menurunnya Tingkat Hunian Hotel di Kota Jambi." _ Lanjutnya

SOSIALISASI DAN PENYAMPAIAN FORM PENILAIAN MANDIRI PROPER PROVINSI JAMBI TAHUN 2016
12 2016

KEPALA BLHD Provinsi Jambi,  Dra. Hj. ROSMELI, M.SI dalam sambutan pada acara SOSIALISASI DAN PENYAMPAIAN FORM PENILAIAN MANDIRI PROPER PROVINSI JAMBI TAHUN 2016 di ABADI SUITE HOTEL, 12 APRIL 2016 menjelaskan :

Program penilaian peringkat kinerja perusahaan (Proper) merupakan salah satu upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrument informasi terhadap pemantauan energy strategis, agroindustri, pertambangan, pembangkit dan industry yang memiliki limbah signifikan.

Pada tanggal 21-23 Maret yang lalu telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Teknis oleh Direktorat Pengendalian Pencemaradan Kerusakan Lingkungan KLHK RI untuk menyampaikan hal-hal teknis terkait pelaksanaan Dekonsentrasi Tahun 2016 termasuk didalamnya teknis pelaksanaan Proper.

Selain itu juga dilakukan penyusunan aksi bersama untuk penurunan beban pencemaran air dan penurunan beban pencemaran emisi, dengan pihak swasta dan komunitas masyarakat

Untuk menurunkan beban pencemaran air limbah yang dihasilkan oleh perusahaan maka diperlukan komitmen untuk membuat target penurunan beban, baseline data beban, strategi dan rencana aksi dalam mendukung program penurunan beban tersebut.

Selanjutnya untuk kewajiban reduksi emisi saat ini ditujukan pada industri dengan konsumsi energi lebih dari 60.000 ton/tahun. Salah satu upaya penurunan beban emisi ini adalah melalui penerapan green boiler. Green boiler merupakan salah satu efisiensi kinerja boiler melalui penggunaan bahan bakar berkalori tinggi/renewable dan penambahan peralatan dalam sistem boiler konvensional. Misalnya dengan pengolahan air umpan boiler, peralatan pemamfaatan sisa panas (heat recovery), dan peralatan pengolahan gas buang untuk mengurangi emisi polutan.   

Seperti yang telah disampaikan oleh Ketua pelaksana kegiatan tadi bahwa Peserta PROPER tahun 2015 yang lalu sebanyak 64 Perusahaan  dengan metode pengawasan dilakukan oleh KLHK melalui Mekanisme SA dan Pengawasan Langsung oleh BLHD Provinsi Jambi. Hasilnya yaitu Peringkat Final Proper Hijau Sebanyak 3 Perusahaan, Biru 43 Perusahaan, Merah 13 Perusahaan, serta tidak diumumkan sebanyak 5 Perusahaan dikarenakan Proses Penegakan Hukum baik oleh POLDA Jambi, BLHD Provinsi serta BLHD Kab/Kota.

Peserta PROPER tahun 2016 ini Sebanyak 65 Perusahaan yang terdiri atas 10 Penilaian Mandiri (SA), 3 Perusahaan pengawasan langsung oleh KLHK serta 52 Perusahaan Pengawasan Langsung oleh BLHD Provinsi Jambi.

 

Pada Penilaian PROPER tahun 2016 ini masih mengacu pada PermenLH nomor 03 tahun 2014 namun ditambahkan :

  1. Kriteria Pengendalian Kerusakan Gambut untuk Sektor Industri HTI dan Perkebunan Sawit yang berada di Lahan Gambut.
  2. Kriteria Pemantauan Kualitas Udara Ambient dan Pemantauan Kualitas Badan Air sesuai dengan Kewajiban dalam Dokumen Lingkungan.

PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROPINSI JAMBI TAHUN 2016
07 2016

PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROPINSI JAMBI TAHUN 2016

Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP. MA menegaskan  mendukung penuh aparat keamanan untuk bertindak tegas bagi yang terbukti dalam pelanggaran pembakaran hutan dan lahan, baik perorangan maupun perusahaan.

“Bagi yang melanggar,  akan kita tindak tegas,"tegas Gubernur,  saat membuka Rapat Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2016 Provinsi Jambi, bertempat Balai Prajurit Korem 042/ Gapu. Kamis (10/03/2016).

WORKSHOP PENDAMPINGAN DAN PERCEPATAN PENYUSUNAN LAPORAN PEP DAN KAJI ULANG RAD-GRK
03 2016

"Rata-rata baru 10 provinsi yang telah menyampaikan PEP RAD-GRK sampai tahun 2015 dan JAMBI satu-satuny provinsi yang telah TUNTAS menyampaikan pelaporan PEP RAD-GRK TAHUN 2015 dari semua sektor pertanian, kehutanan, energi, tranportasi dan limbah"_ ujar pak Ala Baster dari Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I yang membuat seluruh peserta Workshop Pendampingan dan Percepatan Penyusunan Laporan PEP dan Kaji Ulang RAD-GRK di Medan 17- 20 Mei lalu spontanitas bertepuktangan.

Wahyuningsih Darajati selaku Direktur Lingkungan Hidup Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas pada saat WRAP-UP Workshop Pendampingan dan Percepatan Penyusunan Laporan PEP dan Kaji Ulang RAD-GRK menjelaskan kendala-kendala di daerah antara lain :

- Beberapa perwakilan provinsi tidak dapat menghadiri kegiatan pendampingan

- Perlu peningkatan kapasitasi, terjadi rotasi kepegawaian anggota Pokja   

- Pokja RAD-GRK masih mengalami kesulitan mendapatkan data- data aksi mitigasi dari kabupaten/ kota untuk RAD-GRK

- Kelengkapan dan attribut laporan PEP RAD-GRK, tidak dilaporkan mengenai: anggaran kegiatan dan lokasi kegiatan

RAN-GRK telah terlaksana selama 5 tahun dari tahun 2010 hingga 2015. Implementasi dari kegiatan
dalam RAN-GRK dapat dilihat dari pelaporan yang dikirimkan oleh Kementerian. Untuk bidang kehutanan
dan lahan gambut, KLHK hanya menyampaikan laporan sekali untuk periode tahun 2010 – 2012. Pada
bidang pertanian, Kementerian Pertanian telah menyampaikan laporan periode tahun 2010 – 2014.
Bidang energi, Kementerian ESDM telah menyampaikan laporan periode tahun 2010 – 2014. Sementara
bidang transportasi, Kementerian Perhubungan telah menyampaikan laporan periode tahun 2010 – 2015.
Bidang IPPU, Kementerian Perindustrian telah menyampaikan laporan periode tahun 2010 – 2015.
Sedangkan untuk bidang pengelolaan limbah, Kementerian PUPR telah menyampaikan laporan
periode tahun 2010 – 2015.

RAPAT KOORDINASI TERKAIT PROGRAM DAN KEGIATAN BIDANG LINGKUNGAN HIDUP. PROVINSI JAMBI 22-23 MEI 2017
29 2017

Jambi 22-23 mei - Bertempat diruang Pola Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi dilaksanakan Rapat Koordinasi terkait Program dan Kegiatan Bidang Lingkungan Hidup yang di buka langsung oleh Ibu Dr. Evi Frimawati,S.Pt, M.Si selaku Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, dalam kesempatan ini Plt, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi berharap dengan terlaksananya kegiatan rapat Koordinasi terkait Program dan Kegiatan bidang Lingkungan Hidup ini dapat menyingkronkan dan mensinergikan semua kegiatan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Kabupaten/Kota, Pada acara Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh pejabat structural/fungsional dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi,Kabupaten, dan Kota di Provinsi Jambi hal ini dilaksanakan agar terciptanya persamaan persepsi dan tujuan untuk menwujudkan JAMBI TUNTAS 2021.

PENILAIAN KALPATARU KABUPTEN BUNGO
07 2017

Jambi 2017- Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru sendiri adalah bahasa Sanskerta yang berarti pohon kehidupan (Kalpavriksha),

Kalpataru memiliki 4 kategori penghargaan, yaitu:

  1. Perintis Lingkungan, diberikan kepada warga masyarakat, bukan pegawai negeri dan bukan pula tokoh dari organisasi formal, yang berhasil merintis pengembangan dan melestarikan fungsi lingkungan hidup secara menonjol luar biasa dan merupakan kegiatan baru sama sekali bagi daerah atau kawasan yang bersangkutan.
  2. Pengabdi Lingkungan, diberikan kepada petugas lapangan (Penyuluh Lapangan Penghijauan, Petugas Penyuluh Lapangan, Petugas Lapangan Kesehatan, Jagawana, Penjaga Pintu Air, dll) dan atau pegawai negeri (termasuk PNS, TNI, Polri, PPLH, PPNS, guru) yang mengabdikan diri dalam usaha pelestarian fungsi lingkungan hidup yang jauh melampaui kewajiban dan tugas pokoknya serta berlangsung cukup lama.
  3. Penyelamat Lingkungan, diberikan kepada kelompok masyarakat, baik informal (kelompok masyarakat adat, kelompok tani, kelompok masyarakat desa, komunitas adat, rukun warga, paguyuban, karangtaruna, dll) maupun formal (lembaga swadaya masyarakat, badan usaha, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, koperasi, asosiasi profesi, organisasi kepemudaan, dan lain-lain) yang berhasil melakukan upaya-upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan kerusakan dan pencemaran (penyelamatan) lingkungan hidup.
  4. Pembina Lingkungan, diberikan kepada pejabat, pengusaha, peneliti, atau tokoh masyarakat yang berhasil dan punya prakarsa untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan memebri pengaruh untuk membangkitkan kesadaran lingkungan serta peran masyarakat guna melestarikan fungsi lingkungan hidup, dan atau berhasil menemukan teknologi baru yang ramah lingkungan, seperti pejabat, pendidik, budayawan, seniman, wartawan, peneliti, pengusaha, manager, tokoh lembaga swadaya masyakat, tokoh agama, dan lain-lain.

dengan adanya penghargaan kalpataru ini Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sektor melakukan Penilaian dalam 4 kategori diatas dan telah menugaskan timnya untuk menilai  daerah kabupaten Bungo yang telah mengusulkan dan dan telah meng implementasikan pemanfaatan gas metan yang berasal dari kotoran hewan yang dioleh menjadi bahan bakar gas untuk konsumsi rumah tangga dan kebutuhan rumah tangga sehari hari,aktivitas tersebut di awali oleh seorang Kades yang akhirnya bnyak di ikuti oleh warga sekitar karena di anggap sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi,kegiatan ini dilaksanakan di desa Gapura Suci Kecamatan Pelepat Kabupaten  Bungo Provinsi Jambi. dalam penilaian kalpataru ini tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi di dampingi oleh ASN Dinas Lingkungan Hidup Kabupeten Bungo sebagai pembina pokja lingkungan.


REFRESHMENT MANAJEMEN LINGKUNGAN HIDUP
15 2017

Jambi 15 /6 : Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Beserta Pejabat eselon III saat  menghadiri  dan memberikan materi yang berkaitan dengan Manajement Lingkungan Hidup pad kegiatan yang di laksanakan oleh Pt PLN persero cabang Jambi.

PELATIHAN DESA PEDULI GAMBUT
16 2017

 JAMBI – Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia menggelar Pelatihan Desa Peduli Gambut terkait Penyusunan Peraturan Desa dan Kerangka Pedoman Sosial. Kegiatan tersebut diselenggarakan dari tanggal 15-18 Juni 2017 di Swiss-Belhotel Jambi. 
Acara dibuka oleh Plt. Kadis LH prov. Jambi Dr. Evi Frimawaty, S.Pt. M.si dan dihadiri oleh Deputi 3 BRG IBU Dr. Myrna Safitri, para petani dilahan gambut, masyarakat peduli gambut, perangkat desa dan tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. Peserta pelatihan Desa Peduli Gambut ini berasal dari 3 Provinsi yakni Sumatera Selatan, Riau dan Jambi. 

Tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut yakni untuk mengakomodir kebutuhan satu juta hektare lahan masyarakat yang berada dalam areal restorasi gambut, dalam hal ini BRG menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan kepada fasilitator restorasi gambut dan tenaga pemetaan partisipatif dan pemetaan sosial.

Sebagai tahap awal, pelatihan tersebut salah satu pembicara yakni Asep Yunan Firdaus selaku Pengacara dari Safira Law Firm memberikan materi tentang penyusunan peraturan desa. 

“BRG melakukan restorasi gambut bersama masyarakat, para fasilitator berperan penting untuk ini. Mereka antara lain bertugas membantu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat desa,” katanya, Kamis (15/6).

Selain itu,  Asep juga menyampaikan kepada para peserta pelatihan yang nantinya akan bersinergi dengan pendamping desa untuk memfasilitasi penyusunan peraturan desa yang memperhatikan aspek restorasi gambut.

 “Demikian pula para fasilitator akan mendampingi pembentukan dan penguatan kelembagaan masyarakat termasuk kelembagaan ekonomi seperti Badan Usaha Milik Desa,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Musri Nauli yang memberikan materi tentang peraturan desa untuk perlindungan dan pengolaan ekosistem gambut mengatakan, para fasilitator desa ditekankan untuk memiliki kemampuan bekerja sama dengan pendamping desa yang telah ada. Selain fasilitator desa, pelatihan juga melibatkan tenaga pemetaan partisipatif dan pemetaan sosial.

Nantinya, mereka akan membantu masyarakat membuat peta desa secara partisipatif dan mengumpulkan informasi dan data sosial yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan desa dan kegiatan restorasi gambut.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa/Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengengendalian Penduduk Provinsi Jambi, Jamal Penta Putra menyampaikan materi tentang peraturan desa untuk pembangunan desa, menyatakan pemulihan gambut tidak hanya dilakukan pada gambut secara fisik saja, melainkan juga kepada ekosistem di atasnya. 

Untuk itu, dirinya memandang penting adanya fasilitator yang juga membantu merestorasi ekosistem gambut dan masyarakat di atasnya. Untuk diketahui berdasarkan data BRG, terdapat 605 desa di area restorasi gambut yang masuk dalam skema kemitraan masyarakat dengan perusahaan.

Luas kawasan yang menjadi target restorasi mencapai 282.189 hektare. Untuk itu, dibutuhkan revisi rencana kerja dan usaha perusahaan dengan memperhatikan zonasi budidaya dan lindung kawasan gambut mereka. 

“Jadi ada 3 ruang kelola, lingkungan, usaha dan sosial. Kalau untuk sosial ini ada 20 persen disesuaikan untuk pemberdayaan masyarakat,” tutupnya. NuansaJambi.com,

RAPAT KEGIATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TAHUN 2017
09 2017

Jambi 8/06-2017; Berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2017, bertempat di ruang Rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup pada pukul 13.00 Wib S/d Selesai dilaksanakan rapat pesiapan kegiatan dalam memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mana dalam rapat ini di pimpin langsung oleh  Ibu Dr. Evi Frimawaty,S.Pt,M.Si selaku Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi dan dihadiri oleh seluruh pejabat eselon III dan IV di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, dalam kegiatan rapat ini diangkat tema "Connecting People to Nature" tema ini  telah dirilis di situs resmi United Nations Environment Programme, http://www.worldenvironmentday.global, badan PBB yang mengordinir kampanye Hari Lingkungan Hidup setiap tahunnya. Termasuk dalam menetapkan tema, logo, dan host country Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahunnya.

SOSISALISASI DAYA DUKUNG DAN DAYA TAMPUNG LINGKUNGAN HIDUP (DDDTLH)
16 2017

Jambi – Bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi, Rabu (14/06/2017) DLH menggelar acara sosialisasi Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH). Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) yang juga sebagai pemateri, Bappeda Provinsi, Dinas PU PR Provinsi, Dinas ESDM Provinsi serta Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda Kab/Kota. Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dr. Evi Frimawaty, S.Pt. M.Si menjelaskan, berdasarkan undang–undang nomor 32 tahun 2009, bahwa Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) merupakan Muatan yang mendasari Penyusunan Dokumen RTRW, RPJP, RPJM, RPPLH serta Kebijakan, Rencana dan/atau Program yang berpotensi menimbulkan Dampak dan/atau Resiko Lingkungan. “Perencanaan Pengembangan Wilayah dan Pemamfaatan Ruang dengan memperhatikan Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) dapat mengurangi dampak kerusakan dan Pencemaran Lingkungan sehingga menghasilkan Kebijakan yang lebih Ramah Lingkungan,” ujar Evi. Lebih lanjut, Sekretaris DLH Provinsi Jambi ini berharap, sosialisasi ini dapat menghasilkan kesamaan persepsi kepada semua pihak yang terkait didalam merancang kebijakan/kegiatan serta menjadi landasan dasar didalam perencanaan pembangunan di kab/kota di Provinsi jambi. “Kita berharap kegiatan sosialisasi ini bisa menjadi landasan dasar dalam perencanaan pembangunan diseluruh daerah yang ada di Provinsi Jambi,”tutup Evi.(Nuansa Jambi.Com)

PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP
11 2017

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jambi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Mengajak Masyarakat Jambi untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Mulai Tanggal 21 sampai dengan 23 juli 2017 kantor Dinas lingkungan hidup provinsi ,mengadakan acara seperti

1.Pameran peduli lingkungan yang akan diikuti oleh perusahaan perusahaan yang ada diprovinsi jambi dan pameran produk daur ulang oleh bang sampah provinsi jambi

Kemudian ada perlombaan sperti
Parade band untuk kalangan sma sederajat
Fotografi untuk kalangan umum
Mewarnai untuk kalangan TK dan SD
Yang bertema peduli lingkungan dan menyatu dengan alam ayo rebut hadiah langsung berupa trophy dan uang tunai

Yaaaa  hadiri acara puncak hari lingkungan hidup sedunia tingkat provinsi jambi yakni jalan santai berantas sampah,yang akan diikuti oleh bapak gubernur kita zumi zola zulkifli pada hari minggu tanggal 23 juli 2017 pukul 6 pagi di lapangan kantor gubernur jambi

seluruh masyarakat provinsi jambi di undang mengikuti acara jalan santai
Berantas sampah dan rebut doorprize menarik seperti
2 uni motor,5 unit sepeda,5 uni hp dan hadiah menarik lainya

kunjungi kantor dinas lingkungan hidup provinsi jambi, yang beralamat dijalan haji agus salim no 7 kota baru jambi.

Info lebih lanjut hubungi
Ridwan di 085266470703/
Sepriyadi di 081274131175/
Husni saddat 08117498310

Jadi tunggu apalagi dafarkan diri anda segera, GRATISSSSDD

Pendaftaran di mulai tanggal 10 s/d 20 Juli 2017 di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi

RAPAT TIM PENILAINAN DAN PEMBINAAN ADIWIYATA TINGKAT PROVINSI JAMBI
11 2017

Jambi 11 Juli 2017 Bertempat di aula Dinas lingkungan Hidup Provinsi Jambi dilaksanakan Rapat koordinasi penerima penghargaan sekolah adiwiyata tingkat provinsi jambi  yg di hadiri oleh tim pembina dan tim penilai sekolah adiwiyata tingkat provinsi jambi,Tim pembina dan tim penilai merupakan perwakilan dari diknas prov, kanwil kemenag, lsm, litbang unja, kepsek, media massa,,,

HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TAHUN 2017
25 2017

Sabutan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 yang bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, dalam acara pembukaan ini di Hadiri oleh Staff ahli yang mewakili Bapak Gubernur Jambi,dalam sambutan nya Plt Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Jambi mengajak Masyarakat Jambi untuk menjaga dan memelihara Lingkungan sesuai dengan tema hari lingkungan hidup sedunia tahun 2017 yaitu " Connecting People to nature"

RAPAT VALIDASI KLHS KOTA SUNGAI PENUH
15 2017

14-agustus-2017 bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Lingkunan Hidup Provinsi Jambi dilaksanakan Rapat Validasi Dokumen KLHS kota Sungai Penuh, dalam acara rapat validasi ini di buka langsung oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Dr.Evi Frimawati, S.Pt, M.Si yang di dampingi oleh Kabid Tata Lingkungan Lindawati,S.Pt. M.Si selaku Ketua Kelompok Kerja Pengendalian Lingkungan Provinsi Jambi,dalam rapat validasi dokumen KLHS kota sungai Penuh ini di hadiri oleh kepada Dinas PU kota sungai penuh Martin Kahpiasa, ST,MT,serta di hadiri juga oleh anggota kelompok kerja pengendalian lingkungan provinsi Jambi seperti Lembaga Penelitian Universitas Jambi, BKSDA Provinsi Jambi, BPDAS dan LH Batanghari , Dinas Kesehatan Provinsi Jambi,Bappeda Provinsi Jambi, BPBD Provinsi Jambi,dan instansi terkait lainnya,,,

GGGGGGGGGGGGG
24 2018

gggggggggggggggggggggggggggggggggg

SOSIALISASI SEKOLAH ADIWIATA PROVINSI JAMBI
21 2017

15-08 2017 acara rakor strategi pembinaan dan penilaian adiwiyata yang berlangsung di ruang pola Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi,, dalam rakor ini di buka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Dr. Evi Frimawati, S.Pt.M,Si yang di dampingi oleh kabit tata lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Lindawati, M.Si selaku narasuber  adalah DR.Dr Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. acara di hadiri oleh guru, kepala sekolah di Provinsi Jambi dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten / Kota di Provinsi Jambi,, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dalam pembinaan dan penilaian sekolah adiwiata di Provinsi Jambi.

SOSIALISASI PENGELOLAAN LIMBAH B3
23 2017

22-08-2017 Bertempat di ruang pola Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi dilaksanakan acara sosialisasi pengelolaan limbah B3, selaku narasumber  Ka. SubSirektorat Sektor Agroindustri ibu Mitta ertna djuwita dari kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

RAKOR TEKNIS VERIFIKASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM)
24 2017

24 agustus 2017,, Bertempat di Hotel Wiltop Jambi diselenggarakan Rapat Koordinasi teknis Verifikasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) yang di fasilitasi oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatra,acara ini di buka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Dr. Evy Frimawaty, S.Pt.M.Si dan di lanjutkan dengan paparan singkat tentang perubahan iklim di Provinsi Jambi oleh Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup  Lindawati, S.Pt,M.Si,

FGD PENEGAKAN HUKUM LINGKUNGAN
24 2017

24 Agustus 2017 kegiatan FGD penegakan Hukum Lingkungan Dilaksanakan di ruang aula kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi yang di buka Langsung oleh Kapala Bidang Penaatan dinas Lingkungan hidup Bapak Ismei Kurnia, yang di hadiri oleh  peserta perwakilan dari ASN Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten / Kota se Provinsi Jambi.sebagai nara sumber Kasubdit pengenaan sanksi administratif Turyawan Ardi dari Dirjen penegakan hukum, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JAMBI MELAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI LAHAN AKSES TERBUKA DI PROVINSI JAMBI
26 2017

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi Lahan Akses Terbuka di Provinsi Jambi, bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Jumat (25/8/17).

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Nova Handayani, S.Si. MKM , Rakor di hadiri oleh Kepala Sub Direktorat Inventarisasi dan Pelembagaan Direktorat Pemulihan Kerusakan Lahan Akses Terbuka KLHK RI yang juga sebagai Narasumber, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Bappeda Provinsi Jambi, Dinas ESDM Provinsi Jambi, BPDAS HL KLHK RI, Dinas LH Kab/Kota, Bappeda Kab.Kota.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Nova Handayani mengatakan bahwa Lahan akses terbuka adalah lahan yang memiliki akses secara terbuka bagi pihak lain untuk memanfaatkan secara ilegal, sehingga berpotensi menimbulkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Akses terbuka terjadi karena pengawasan yang tidak memadai atau bahkan adanya pembiaran dari berbagai pihak.

Salah satu pemanfaatan lahan akses terbuka ini digunakan untuk jenis tambang : emas , sirtu , pasir kuarsa , batu, tanah dan timah, pasir dan pasir urug, batu gamping , granit dan batu kuarsa serta lainnya . Peralatan tambang yang digunakan baik secara mekanik dan manual. Metode penambangan dilakukan secara terbuka, dalam/bawah tanah dan bawah air, Jelas Kabid PPKL.

Nova juga menyinggung tentang maraknya pertambangan tanpa izin “Persoalan Pertambangan Tanpa Izin saat ini sangat menjadi perhatian semua pihak, baik Pemerintah pusat dan daerah. Ditjen PPKL Kementerian LHK membangun basis data dan Sistem Informasi Lahan Akses Terbuka (SILAT). Dengan sistem informasi ini diharapkan pemerintah daerah atau stakeholder lainnya dapat memberikan input mengenai lokasi PETI atau kejadian pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kegiatan pertambangan” Ujarnya.

“Sehingga acara hari ini menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilaksanakan, selanjutnya kita semua sebagai peserta dapat berperan aktif memberikan masukan dan tanggapan terkait materi yang akan disampaikan.” tutupnya. #nuansajambionline

PENANDATANGANAN MOU BERSAMA BADAN RESTORASI GAMBUT REPUBLIK INDONESIA (BRG RI).
29 2017

Komitmennya Gubernur Jambi untuk melestarikan ekosistem Lahan Gambut yang ada di Provinsi Jambi, salah satunya dengan menandatangani MOU bersama Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG RI).

Acara Penandatangan MOU kerjasama anatara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG RI) akan dilaksanakan hari ini (28/8/2017), bertempat di The Galery, Hotel Pullman Jakarta Indonesia Thamrin CBD lantai 2, Jl. M.H Thamrin Kav. 59, Jakarta Pusat.

Acara ini di hadiri langsung oleh Gubernur Jambi Zumi Zola, Kepala BRG Ir. Nazir Foead, M. Sc, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, KLHK, Serta di hadiri oleh Fitrian Ardiansyah selaku Direktur IDH Indonesia.

 

DLH PROVINSI JAMBI ADAKAN RAPAT KOORDINASI, DALAM RANGKA SINKRONISASI PROGRAM KEGIATAN TAHUN 2018
31 2017

Dinas Lingkungan Hidup Menyelenggarakan acara Rapat Koordinasi dalam rangka Sinkronisasi Program dan Rencana Kegiatan tahun 2018 Bidang Lingkungan Hidup Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Aula Dinas Lingkungan Hidup pada Kamis (31/8/2017).
Acara ini di hadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup 11 Kab/Kota.
Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dr. Evi Frimawaty, S.Pt. M.Si menjelaskan berdasarkan Undang – Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Foto : Nuansajambi.com

Sesuai Pasal 15 ayat 3 bahwa Kepala satuan kerja perangkat daerah menyiapkan rancangan Renstra SKPD sesuai dengan tugas Pokok dan fungsinya dengan berpedoman pada rancangan awal RPJMD, ujar Evi.

Sesuai Undang – Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah urusan Wajib Bidang Lingkungan Hidup antara lain : Perencanaan LH, Kajian LH Strategis (KLHS), Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Keaneka ragaman Hayati, Pembinaan dan Pengawasan terhadap Izin Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), Persampahan, Pengaduan Lingkungan Hidup, serta B3 dan Limbah B3.

Kepala DLH Provinsi Jambi ini berharap Rapat Koordinasi ini dapat menghasilkan kesamaan persepsi dan sinergitas didalam penyusunan perencanaan pembangunan pada Dinas Lingkungan Hidup Kab/Kota di Provinsi jambi.

RAPAT KLARIFIKASI KASUS LAHAN SUKU ANAK DALAM 113 (KM-SAD 113)
06 2017

06-sep 2017,Rapat klarifikasi kasus lahan suku anak dalam 113 (KM-SAD 113) yg dihadiri oleh pihak dri PT. Asiatic Persada dan DLH Kab. Batanghari bertempat di ruang pola kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi , acara rapat ini di pimpin langsung oleh Kabid Penaatan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Bpk. Ismei Kurnia,,,

RAPAT TEKNIS DOKUMEN AMDAL PT PLN
11 2017

11 SEPTEMBER 22017 Diruang Pola Dinas Lingkungan Hidup dilaksanakan Rapat Teknis Dokumen AMDAL PT PLN (persero) UIP I kegiatan pembangunan PLTG/Mesin gas MPP di Kabupaten Tanjung Jabung  Timur Provinsi Jambi, Rapat Teknis ini di pimpin oleh Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Ibu LindaWati, S.Pt,M.Si dan di hadiri oleh tim teknis yang terdiri dari beberapa ahli dan rekan rekan dari mahasiswa program S2 ilmu lingkungan,dalam rapat teknis ini di harapkan  mendapat kan langkah kongkrit untuk melaksanakan kegiatan berikutnya,,,

RAKOM DOKUMEN AMDAL PT PLN
13 2017

12 Sep 2017 Rapat Komisi Penilai Dokumen AMDAL dan RKL- RPL PT PLN (persero) UIP I Kabupaten Tanjung Jabung Timur di ruang Aula Dinas LIngkungan Hidup Provinsi Jambi Yang di hadiri oleh Assisten I Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabid Tata Lingkungan Provinsi Jambi, Para perwakilan OPD terkait dari Provinsi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta mahasiswa prgram studi pasca sarjana dari Universitas Jambi

RAKOR PENURUNAN EMISI GAS RUMAH KACA DARI INDUSTRI CPO
18 2017

15 Sept-2017 Bertempat di ruang Aula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi di laksanakan Rapat Koordinasi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Industri CPO, dalam kegiatan Rakor ini di buka oleh Kabid Tata Lingkungan DLH Provinsi Jambi Lindawati, SPT,M.Si dan di dampingi oleh perwakilan dari PLN bagian SUMBAGSEL serta narasumber dari PT DASA ANUGRAH SEJATI (DAS), peserta yang hadir dari perwakilan dari perusahaan perusahan yang berkaitan dengan kelapa sawit yang menghasilkan CPO,

Pemanfaatan POME (Palm Oil Mill Effluent) menjadi energi listrik pada industri CPO menjadi salah satu jawaban cara mengatasi kekurangan pasokan listrik di daerah provinsi jambi
Pihak PT.PLN (persero) akan membeli listrik  yang di hasilkan dari pemanfaatan POME pada perusahan industri CPO.
Diharapkan dgn sinerginya perusahaan CPO dan PT.PLN dalam pemanfaatan POME menjadi energi Listrik, Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca yang di hasilkan dari limbah kelapa sawit dapat signifikan

RAPAT TEKNIS DOKUMEN AMDAL PT. GRAND ASIA BRILLIANT CHINA
26 2017

26-09-2017- Bertempat di ruang aula Dinas Lingkungan Hidup dilaksanakan Rapat Teknis Dokumen Amdal PT. Grand Asia Brilliant China. atas rencana kegiatan pembangunan industri pengelohan getah karet (kapasitas 200.000 Ton) dan penggergajian kayu karet (kapasitas 300.000 m3) dgn luas 56 ha di kecamatan Pemenang  Kab. Merangin.

RAPAT PEMANTAPAN BBGRM DAN DTT KE 45 TAHUN 2017
02 Oktober 2017

26 September 2017, _ Rapat Pemantapan  BBGRM dan DTT ke 45 tahun 2017 yang berlangsung di ruang rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, acara di buka oleh Kabid Tata Lingkungan ibu Lindawati S.Pt, M.Si, rapat di hadiri dari beberapa OPD di Provinsi salah satunya dari dinas perkebunan, Balitbangda, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Dinas Pertanian,Peternakan dan Hortikulural, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Rumah sakit Jiwa,dan dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Jambi serta PKK Provinsi Jambi.

WORKSHOP/BINTEK PEMBUATAN PETA DDDT PROVINSI JAMBI
02 Oktober 2017

27 SEPTEMBER 2017_ Dalam rangka peningkatan mutu Sumber Daya Manuasia (SDM) dalam Mengelola data spacial daya dukung dan daya tampung (DDDT) Provinsi Jambi Dinas Lingkungan Hidup mengadakan Workshop/BINTEK pengelolaan data spacial dalam pembuatan peta daya dukung dan daya tampung yang melibatkan ASN dari P3E KLHK sebagai tim pengajar pengelolaan data spacial,kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 27 s/d 29 September 207di Aula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Kegiatan di buka Oleh Kasi Inventarisasi selaku mewakili Kabid Tata lingkungan DLH Provinsi Jambi, peserta yang mengikuti BINTEK pengelolaan data Spacial ini diikuti dari bebrapa OPD Provisi Jambi diantaranya BAPPEDA, BPN, BKSDA, DINAS KEHUTANAN, DINAS PERKEBUNAN, DINAS PETERNAKAN, DINAS ESDM DAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JAMBI.

kegiatan Bintek ini diharapkan dapat memberikan bnyak kontribusi bagi OPD di Provinsi Jambi Melalui SDM yang sudah mendapatkan pelatihan tantang pengelolaan data spacial, dan di harapkan kepada OPD Provinsi Jambi dapat melaksanakan Bintek lainnya guna meningkatkan Mutu SDM dalam menunjang kinerja dan optimalisasi output yang di harapkan pada OPD.

RAPAT KOORDINASI PENANGANAN PENGADUAN LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JAMBI
16 Oktober 2017

12 Oktober 2017 _ Rapat Koordinasi penanganan pengaduan Lingkungan Hidup Provinsi Jambi yang dibuka langsung oleh Ibu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Dr. Evi Frimawaty, S.Pt, M.Si. Peserta yang hadir adalah seluruh Dinas Lingkungan Hidup se Provinsi Jambi serta OPD  terkait dalam mensukseskan JAMBI TUNTAS 2021.

Rapat Koordinasi penanganan pengaduan Lingkungan Hidup Provinsi Jambi yang dibuka langsung oleh Ibu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Dr. Evi Frimawaty, S.Pt, M.Si. Peserta yang hadir adalah seluruh Dinas Lingkungan Hidup se Provinsi Jambi serta Instansi yang terkait.

RAPAT VALIDASI KLHS KABUPATEN SAROLANGUN
20 Oktober 2017

19-10-2017- Rapat Pra Validasi KLHS Kabupaten Sarolangun di Ruang Rapat Kepala Dinas LIngkungan Hidup Provinsi Jambi yang di Buka oleh Kabid Tata Lingkungan DLH Provinsi Jambi Ibu Lindawati, S.Pt, M.Si yang di hadiri oleh bebrapa tim teknis dari Universitas Jambi dan Kepala Bappeda Kabupaten sarolangun beserta Jajarannya,

RAPAT KOORDINASI MEKANISME PERIZINAN LINGKUNGAN
24 Oktober 2017

23-10-2017- Rapat koordinasi tentang mekanisme perizinan lingkungan khususnya khususnya  perizinan terkait penertiban surat keputusan kelayakan lingkungan (SKKL) dan izin lingkungan  di ruang Aula  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, acara rakor di buka oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi yang di hadiri oleh ASN dari Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kabupaten Kota se Provinsi Jambi,

WORKSHOP REVIEW HASIL PENANDAAN PENGANGGARAN HIJAU
14 November 2017

01 November 2017 Workshop Review Hasil Penandaan Penganggaran Hijau (budget Taging) di Provinsi Jambi,yang di hadiri oleh beberapa OPD provinsi Jambi dan Kab/Kota yang berkaitan dengan urusan wajib bidang lingkungan hidup. laporan panitia di sampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi DR. Evi Frimawati,S.Pt,M.Si dan acara di buka oleh  Assisten III Provinsi Jambi  Bapak H. Saipuddin AMK, SE dengan Narasumber DR Joko Triharyanto dari badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI dan DR. Ala Baster dari Kasubid Direktorat SUPD I Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

PENGUMUMAN
25 2018

Akan Dilaksanakan Bimtek